Kota Lille Sebagai Tuan Rumah Euro 2016

Sebagian orang banyak yang mengenal jika Lille adalah kota kosmopolitas di Prancis, sebutan ini didapat berdasarkan dari gaya arsitektur bangunan yang ada disana sangat mirip dengan gaya bangunan yang berada di Belanda dan juga Belgia. Kota Lilli sendiri terletak pada bagian Utara Paris dan sangat dekat dengan perbatasan negara Belgia.

Terbukti dengan gaya bangunan yang ada seperti Place du General de Gaulle yang disebutkan mirip dengan bangunan bernama The Grand Place di Brussel. Sementara itu, bangunan dengan arsitektur kuno pada abad ke-17 juga menghiasi sudut-sudut kota Lille.

Nama resmi Lille sendiri terlahir dari kata ‘I’IIIe’ yang berarti dalam bahasa Prancis adalah sebuah pulau. Berdasarkan catatan yang ada nama Lille pertama kali muncul pada 1066 pada saat para bangsawan Flanders membuat perjanjuan donasi untuk gereja St. Peter di wilayah dekat sungai Deule.

Sampai pada akhirnya Lille masuk dalam bagian Prancis setelah Louis XIV berhasil menghancurkan Spanyol dalam perang Siege of Lille pada 1667. Selanjutnya Lille menjelma sebagai kota penghasil tekstil terbesar di Prancis dan berperan penting dalam revolusi besar-besaran negara tersebut.

Berjalannya waktu Lille berhasil menjadi kota yang lebih besar setelah proyek jalur kereta api yang menghubungkan negara-negara tetangga sepeti Jerman, Belgia dan Inggris selesai. Bukan hal yang tidak mungkin sampai sekarang ini Lille sudah berhasil mengambil daya tarik orang banyak untuk bisa berkunjung ke kota tersebut.

Tidak sampai disitu saja, Lille juga menawarkan berbagai kebudayaan indah dan universitas yang besar. Acara yang sukses menarik jutaan turis adalah ketika acara bertema Grande Braderie de Lille, dimana acara tersebut menjadi pasar raya terbuka sepanjang akhir pekan pertama pada bulan September hingga akhir bulan itu.

Adapun semarak dunia sepakbola yang akhirnya bisa menarik perhatian publik Lille sekitar, ini terjadi setelah stadion Olympique Sporting Club resmi dibuka pada tanggal 23 September 1944. Alhasil antusias masyarakat Lille semakin bertambah cinta dengan olahraga mendunia tersebut.

Berikut kami sajikan jarak antar kota terdekat yang akan menyuguhkan pertandingan Euro 2016:

Lens: 40 km
Saint-Denis: 215 km
Nice: 1170 km
Marseille: 1000 km
Toulouse: 895 km
Bordeaux: 805 km
Lyon: 690 km
Paris: 225 km
Saint-Etienne: 750 km

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *